Rabu, 12 Agustus 2009

Tustiani, Ketua Dewan sementara

(Harianjogja) BANTUL: Rapat internal Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bantul, akhirnya memutuskan Tustiani sebagai pimpinan sementara DPRD Bantul periode 2009-2014.

Partai berlambang kepala banteng moncong putih itu mengklaim memilih Tustiani, untuk memenuhi keterwakilan perempuan. Ketua DPC PDIP Bantul, Joko Purnomo, menegaskan keputusan itu diambil dalam rapat internal partai yang digelar, Selasa (11/8). Partai memilih Tustiani dengan pertimbangan memenuhi keterwakilan perempuan di DPRD Bantul.

Di samping itu, Tustiani juga mengaku siap menduduki posisi pimpinan sementara, setelah sebelumnya menyatakan tidak sanggup. “Setelah melalui musyawarah di tingkat internal, akhirnya Tustiani siap menjadi pimpinan sementara,” ujar Joko Purnomo saat dihubungi Harian Jogja, Selasa sore. Menurut Joko, hasil rapat internal partai selanjutnya akan dikirim ke DPP PDIP untuk mendapat persetujuan. Selanjutnya, imbuh Joko, PDIP akan melihat dinamika politik yang terjadi di DPRD Bantul.

Nama yang disetujui DPP nantinya akan menduduki posisi sebagai pimpinan Dewan. “Sambil menunggu keputusan DPP, Tustiani menjadi pimpinan sementara,” cetusnya. Sebelumnya, dalam SK DPP No. 411/Kep DPP/VIII/2009 tercantum empat nama yang bakal meramaikan pemilihan ketua Dewan. Dari empat nama itu, sempat mengerucut menjadi dua nama, yakni Uminto Giring Wibowo dan Eko Yuliyanto.

Sementara, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bantul, menyiapkan dua nama sebagai calon wakil ketua Dewan, yakni Arif Haryanto yang saat ini menjadi Ketua DPD PKS Bantul dan Amir Syarifudin yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi C DPRD Bantul. Lebih lanjut, Agus menambahkan penjaringan dua calon itu berdasarkan pada petunjuk teknis dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Dengan begitu, dua kandidat itu berpeluang besar untuk menjadi wakil ketua tiga. “Semua berdasarkan pada petunjuk DPP, yang jelas melalui proses penjaringan,” terangnya. Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PKS Bantul, Agus Effendi, menjelaskan selain menyiapkan dua nama untuk calon wakil pimpinan Dewan, pihaknya juga mengincar posisi satu ketua komisi, wakil ketua komisi, dan sekretaris.

Oleh Shinta Maharani

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Delete this element to display blogger navbar