Minggu, 27 Februari 2011

‘Gendut sebaiknya diberhentikan permanen’

(Bantul,24/2/11-Harjo) DPRD mengusulkan Sekretaris Daerah (Sekda) Gendut Sudarto yang terkait dugaan korupsi gratifikasi buku, diberhentikan secara permanen oleh Bupati agar masyarakat yakin Pemkab serius memberantas korupsi.

Wakil Ketua DPRD Arif Haryanto kepada Harian Jogja (Rabu,23/2) mengatakan, pemberhentian secara permanen merupakan alternatif pertama daripada hanya mengganti dengan pejabat pelaksana tugas.

Pasalnya kata dia, dengan langkah itu, masyarakat bakal percaya Pemda saat ini serius memberantas korupsi. Apalagi jabatan Sekda bagi Gendut sudah dua kali mengalami perpanjangan pensiun. Ia sedianya bakal pensiun dua tahun lagi.

“ Kalau masih dipertahankan, masyarakat bakal bertanya Pemda serius enggak memberantas korupsi, prioritas utama adalah diganti kalau memang Pemda ada kemauan kuat memberantas korupsi,” katanya.

Dikatakannya pula, saat ini masyarakat Bantul jelas dirugikan dengan kosongnya jabatan Sekda hingga berlarut-larut. Karenanya, kata dia, minimal harus ada pelaksana tugas sementara sebelum menunjuk pengganti tetap.

Bupati disarankan tak bergantung dengan jawaban Gubernur untuk memutuskan nasib Gendut, karena sifatnya hanya koordinasi. Pasalnya, Peraturan Pemerintah (PP) mengenai pemberhentian PNS dengan tegas mengatur nasib jabatan PNS yang berperkara, yakni diberhentikan, baik sementara atau permanen.

Bupati Bantul Sri Suryawidati mengatakan, hingga kini belum mengantongi sejumlah nama yang akan dipilih menggantikan Gendut Sudarto. Dia mengaku masih menunggu jawaban dari Gubernur.

Ida juga membantah kabar di salah satu media nasional yang menyebutkan ada tiga nama yang telah dikantongi Bupati untuk menggantikan Gendut Sudarto, yakni Asisten Pemerintahan, Misbakhul Munir, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Suryanto serta Asisten Anministrasi Umum, Bedjo Utomo. “Kabar dari mana itu, siapa yang bilang, saya saja belum mengantongi nama,” tegasnya. (Bekti Suryani-Harjo).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar