Jumat, 20 Januari 2012

Fraksi PDIP dan Golkar Dihabisi

Tak Satu pun Masuk Jajaran Pimpinan Alkap

BANTUL (RadarJogja) -- Ketua Fraksi Karya Bangsa (FKB) Aslam Ridlo Aslam menjelaskan, pergantian pimpinan alkap merupakan sesuatu yang biasa terjadi dalam sistem politik. Apalagi perombakan itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2010 dan Tata Tertib DPRD Bantul Nomor 1 Tahun 2010.
’’Dalam PP dan tatib dijelaskan bahwa pergantian pimpinan alkap dilakukan selama-lamanya 2,5 tahun atau paro periode 2009–2014,” timpal anggota Fraksi Demokrat DPRD Bantul Nur Rahmad. Nur mengingatkan, akhir 2010 pernah terjadi pergantian pimpinan alkap. Sayang, pergantian itu dipaksakan oleh fraksi tertentu. Kala itu, mereka yang diganti secara paksa tanpa didahului ada usulan tertulis dari fraksi, rapat tingkat pimpinan dewan, dan badan musyawarah, yaitu ketua Badan Legislasi (Banleg) yang saat itu dijabat Aslam Ridlo digantikan Suwardi dari Fraksi Golkar.
Tidak hanya Aslam, Ketua Badan Kehormatan (BKD) Nur Rahmad (Demokrat) juga diganti Basuki Rahmat (PDI Perjuangan). Wakil ketua Komisi D yang dijabat Jupriyanto (PKS) diganti Timbul Harjono (PDI Perjuangan).
’’Kami bertiga legowo, sadar bahwa inilah fakta politik yang harus diterima dengan lapang dada. Apalagi, kami adalah ketua-ketua partai politik yang harus memberikan contoh yang baik bagi masyarakat dan generasi muda Bantul,” papar Nur.
Agar roda Pemkab Bantul yang dipimpin Bupati Bantul Sri Suryawidati tetap berjalan lancer, Nur mengajak anggota Fraksi PDIP dan Golkar tetap bekerja seperti biasa dan legowo atas keputusan politik yang terjadi di rapat paripurna Senin malam lalu. Apalagi saat ini masyarakat Bantul tengah menghadapi berbagai musibah becana alam seperti banjir dan tanah longsor. ’’Mereka butuh perhatian pemerintah dan DPRD Bantul,” terangnya.
Di sisi lain, pasca-kocok ulang pimpinan alkap Senin malam lalu, pimpinan DPRD Bantul langsung menerbitkan SK yang ditandatangi Wakil Ketua DPRD Bantul Suhidi selaku ketua sidang. Dalam SK itu tak ada satu pun anggota Fraksi PDI Peruangan dan Golkar yang duduk sebagai pimpinan alkap. (mar/ari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar