Jumat, 04 Maret 2011

Bupati: Riyantono Gantikan Gendut

(Seputar Indonesia,Saturday, 05 March 2011

BANTUL – Bupati Bantul Sri Suryawidati akhirnya buka suara soal pengganti Sekda Bantul Gendut Sudarto yang sudah dinonaktifkan sementara.Dari tiga nama yang muncul, yakni Mardi Ahmad, Misbakhul Munir, serta Riyantono, akhirnya Bupati memilih Riyantono.

Nama Kepala Bappeda Bantul tersebut diajukan Bupati Bantul Sri Suryawidati kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X untuk menggantikan posisi Gendut yang kini diperpanjang masa penahanannya oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY.”Kita sudah rapatkan dengan wakil bupati, kita pilih Pak Riyantono untuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Bantul,”kata Sri Suryawidati kepada SINDOkemarin.

Lebih lanjut dituturkan, setelah berkomunikasi dengan Wakil Bupati Bantul Sumarno PRS, tahap selanjutnya ialah segera mengusulkan nama kepada Gubernur DIY.”Kita tinggal menunggu persetujuan Gubernur,” ujar Ida,sapaan akrab Sri Suryawidati. Ketika disinggung tugas Riyantono yang hanya sebatas Plt, Ida menjelaskan bahwa persoalan ini sudah dirapatkan dan merupakan surat perintah dari Gubernur DIY. Dalam suratnya, Sri Sultan meminta Gendut Sudarto dinonaktifkan dan diusulkan pejabat pelaksana tugas. ”Itu sudah sesuai mekanisme,” kata istri Idham Samawi ini.

Wakil Ketua DPRD Bantul Arif Haryanto berpendapat,semestinya pengganti Gendut Sudarto tidak sekadar Plt saja, tapi juga sebagai pejabat sementara atau bahkan langsung menjadi sekda. “Posisi sekda itu penting, jadi perlu pejabat pengganti bukan hanya plt,”ujarnya. Selain itu, Arif heran dengan usulan Bupati yang hanya mengajukan satu nama. Semestinya dalam usulan ke Gubernur,Bupati menyerahkantiganamauntukdipilih satu orang. ”Jika hanya Plt,itu sama saja tidak banyak berfungsi.

Untuk menjalankan tugas,asisten pun bisa.Namun yang dibutuhkan itu menggantikan kewenangan,” tandas legislator PKS ini. Usulan plt menimbulkan banyak pertanyaan. ”Dulu sudah saya sampaikan, berhentikan saja Gendut.Angkat pejabat baru yang siap untuk mengubah citra Bantul.Kenapa seakan- akan begitu sulit mencari pejabat sementara,”karanya.

Arif kembali berpesan kepada Bupati, saat ini yang dibutuhkan masyarakat adalah wujud nyata Ida sebagai pemimpin di Bantul yang ikut berkampanye pemberantasan korupsi.“ Beliau semestinya tahu itu.Jadi tidak perlu mempertahankan dan berharap pada Gendut lagi,”tandasnya. suharjono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar